Oke,, sesuai dengan janji saya. Kali ini saya akan membuat post tentang bagaimana cara membuat segitiga siku-siku dengan java. Pada dasarnya, cara pembuatan segitiga ini adalah dengan cara perulangan. Jadi kita bisa membuatnya dengan banyak bahasa pemrograman. Tapi di post ini , saya hanya akan membuat segitiga siku-siku dengan bahasa pemrograman java.
Langsung saja, ini adalah tutorialnya nya.
1. Buka Notepad / sejenisnya, tuliskan code seperti dibawah ini.
import javax.swing.*;
public class Segi
{
public static void main (String args[])
{
int a,b;
System.out.print("Masukkan Banyak Baris (1-9 Recommended) : ");
int n = InputConsole.readInt();
System.out.println("\n");
System.out.println("\n");
System.out.println("Ini Hasilnya : \n");
for (b=1;b<=n;b++)
{
for (a=1;a<=b;a++)
{
System.out.print(a);
System.out.print(" ");
}
System.out.print("\n");
}
}
}
public class Segi
{
public static void main (String args[])
{
int a,b;
System.out.print("Masukkan Banyak Baris (1-9 Recommended) : ");
int n = InputConsole.readInt();
System.out.println("\n");
System.out.println("\n");
System.out.println("Ini Hasilnya : \n");
for (b=1;b<=n;b++)
{
for (a=1;a<=b;a++)
{
System.out.print(a);
System.out.print(" ");
}
System.out.print("\n");
}
}
}
2. Setelah itu kita simpan file nya di C:\ dengan nama Segi.java.
3. Dan agar kita bisa menginput angka ,kita membuat file lain.
4. Kita buka Notepad lagi. Dan isikan code berikut.
import java.io.*; public class InputConsole { /**Membaca string dari keyboard*/ public static String readString() { BufferedReader bfr = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in), 1); // Menginisialisasi string String string = " "; // Get the string from the keyboard try { string = bfr.readLine(); } catch (IOException ex) { System.out.println(ex); } // Mengembalikan string hasil pembacaan dari keyboard return string; } /**Mengambil nilai int dengan parsing string input dari keyboard*/ public static int readInt() { return Integer.parseInt(readString()); } //Mengambil nilai byte dengan parsing string input dari keyboard public static byte readByte() { return Byte.parseByte(readString()); } //Mengambil nilai short dengan parsing string input dari keyboard public static short readShort() { return Short.parseShort(readString()); } //Mengambil nilai long dengan parsing string input dari keyboard public static long readLong() { return Long.parseLong(readString()); } //Mengambil nilai float dengan parsing string input dari keyboard public static float readFloat() { return Float.parseFloat(readString()); } //Mengambil nilai double dengan parsing string input dari keyboard public static double readDouble() { return Double.parseDouble(readString()); } }
5. Kita simpan di C:\ dengan nama InputConsole.java
6. Setelah itu kita buka CMD (Command Prompt) ketikkan " cd\ " *tanpa tanda kutip
7. Lakukan compile terhadap file java tadi. >> "javac Segi.java" kemudian "javac InputConsole.java"
*tanpa tanda kutip
8. kemudian kita jalankan dengan cara ketikkan >> "java Segi"
Dan seperti ini tampilan awalnya :
kemudian kita isikan angka yang kita mau. (saya recommendasikan untuk 1-9 saja, agar tampilannya bagus).
dan ini tampilan hasilnya.
TARAAAAA,... Segitiga siku-siku dengan angka..
- For yang pertama : berfungsi sebagai tinggi dari segitiga. Yang menjadi batasnya adalah variabel n, jadi jika kita mengubah variabel n (yang kita inputkan tadi) maka tinggi segitiga akan berubah sesuai dengan angka yang kita inputkan. >> setiap perulangan ke 2 selesai, variabel b di tambah 1.
- For yang kedua : berfungsi mencetak angka dari variabel a, dan yang menjadi batasnya adalah variabel b yang di dapat dari perulangan pertama tadi.
Sekian dulu tutorial "cara membuat segitiga siku-siku menggunakan java" kali ini. Maaf kalo masih banyak kekurangan. Kalo bahasanya sulit dipahami,silahkan mengajukan pertanyaan di bagian komentar. Atau kalo ada yang mau memberi kritik/saran bisa langsung di tuliskan di bagian komentar juga. Kritik dan Saran dari Sahabat akan membantu dalam perkembangan blog ini nantinya. Terima Kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar